Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kelly Lidya Sari, S.Pd. – PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG SISWA

Kemajuan teknologi adalah suatu hal yang tidak dapat kita hindari, karena seiring perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi akan selalu muncul. Inovasi-inovasi teknologi pun diciptakan oleh manusia dengan maksud mempermudah aktivitas manusia dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari manusia yang sekarang menjadi sebuah keharusan unuk mempunyai atau menguasai teknologi, dengan teknologi semua aktivitas manusia yang rumit menjadi mudah. Sebagai contoh handphone yang pada saat ini sudah menjadi konsumsi siswa dengan jarak yang jauh menjadi dekat, bahkan dunia pun dengan teknologi menjadi sangat kecil karena dengan handphone kita dapat berkomunikasi dengan semua orang di seluruh penjuru dengan menggunakan handphone.

Saat ini penggunaan handphone dari kalangan siswa sangat manarik drastis. Pada dasarnya gadget itu sendiri merupakan alat ciptaan manusia untuk membantu manusia dan gadget itu sendiri dikontrol oleh manusia dan untuk mempermudah manusia berkomunikasi dengan orang-orang yang lokasinya jauh. Tetapi sekarang malah kebanyakan manusia yang sudah tidak bisa mengontrol dan mereka untuk menggunakan gadget itu sendiri dan mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi kehidupan mereka. Pengaruh handphone memiliki potensi yang cukup besar dalam menghasilkan masalah bagi kesehatan dan perilaku. Seiring peningkatan jumlah penduduk serta aktivitas masyarakat yang beragam, maka pengaruh penggunaan hamdphone sangat berdampak bagi siswa.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya adalah mengetahui terlebih dahulu dampak kecanduan handphone. Jika telah paham dan mengetahui bahayanya handphone, siswa akan menghindari yang ditimbulkan dari kecanduan handphone. Handphone merupakan satu wujud realisasi di mana teknologi tersebut memungkinkan proses interaksi dapat terintegrasi dengan berbagai aktivitas keseharian manusia dengan jangkauan yang tidak diatasi dalam satu wilayah, yang di dalamnya banyak fitur dan berkemampuan menyerupai komputer yang didesain dengan bentuk praktis sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Beberapa perilaku remaja yang muncul karena terlalu banyak memainkan handphone. Pertama, gangguan eksternal atau penyimpangan perilaku yang diekspersikan dengan perilaku agresif. Tidak bisa duduk terlalu lama, mudah frustasi, mudah mengalami perangai pemarah, suka mencari perhatian orang lain.

Penggunaan handphone seharusnya dikondisikan di mana kita harus menggunakannya. Seharusnya di saat seperti ini kita harus memanfaatkan komunikasi. Tetapi masih banyak remaja yang tidak bisa mengunakan dengan baik, melainkan mereka mengunakan untuk tujuan lain hingga ketegantungan hidup.

Artikel Terkait

Baru saja mendaftar:

18 Jan 2024 : NUR KARTINI SPD.
SMP N 5 TANJUNG JABUNG TIMUR - JAMBI
Read More
17 Jan 2024 : SUTRIANI UMASUGI, S.S
SMP NEGERI 14 AMBON - MALUKU
Read More
17 Jan 2024 : REZEKINTA SYAHPUTRA SEMBIRING, S.P., C.MT., C.PE
BRC-INBIO - SUMATERA UTARA
Read More
17 Jan 2024 : DESY RINA, S.SI, M.M
SMAN 4 KOTA BEKASI - DKI JAKARTA
Read More
15 Jan 2024 : IMMA RAHMAWATI ULFA, S.PD
SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG - JAWA TIMUR
Read More
16 Jan 2024 : NANIK INDRAWATI, S. SOS.
SDIT 2 DARUSSALAM - KALIMANTAN TIMUR
Read More
16 Jan 2024 : SIFRA TREISA, M.PD.
SLB NEGERI 6 JAKARTA - BANTEN
Read More
15 Jan 2024 : RINI SETYONINGSIH, S.PD.
SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG - JAWA TIMUR
Read More
15 Jan 2024 : WULAN PRANDARI CAPRI, S.PD., M.SI., GR
SMA NEGERI 4 CIBINONG - JAWA BARAT
Read More
13 Jan 2024 : SITI HOLIJAH, S. PD
SMKN 1 KANDIS - SUMATERA SELATAN
Read More
12 Jan 2024 : BUDIANTO, S. PD
SMPN 10 ULUMANDA - SULAWESI BARAT
Read More
10 Jan 2024 : JUWITA RIHASNITA,S.PD.SD
UPT SDN 18 LALANG KEC.MEDANG DERAS KAB.BATU BARA - SUMATERA UTARA
Read More
10 Jan 2024 : ILYAS KALA LEMBANG, S.PD.SD,. M.PD
UPT SDN 12 BITTUANG - SULAWESI SELATAN
Read More