Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Imam Safi’i, S.Pd. – Cahaya Agama di Era Medsos

Saat ini kita ibarat pelaut yang berlayar di lautan informasi yang tak berujung. Namun, perlu kita ingat bahwa, di tengah perjalanan ini, kompas moral kita perlu tetap berfungsi. Ketika layar digital melambungkan kita ke lautan dunia maya yang tak terbatas, generasi muda kita adalah pelayar muda yang berani. Tetapi dalam gemuruh informasi dan hingar-bingar media sosial (medsos), adakah mereka tetap mengikuti nilai-nilai budi pekerti yang telah ditanamkan oleh agama? Pertanyaan ini menggugah peran penting pendidikan agama di kalangan siswa di era medsos ini. Selanjutnya, bagaimana peran penting pendidikan agama di tengah derasnya arus dunia digital saat ini?.

Pertama, Menyemai Akar Kebaikan. Di tengah gempuran informasi yang tak henti-hentinya, pendidikan agama seperti benih yang ditanamkan dalam tanah. Ia mengajarkan siswa tentang moralitas, etika, dan nilai-nilai luhur. Dalam dunia yang begitu dinamis, agama memberikan pijakan yang kuat untuk memilih jalan yang benar.

Kedua, Memberikan Pemahaman yang Dalam. Medsos membawa kita ke berbagai sudut dunia tanpa harus meninggalkan tempat duduk. Namun, dalam perjalanan ini, adakah ruang untuk merenung dan memahami? Pendidikan agama melatih siswa untuk merenungi makna yang lebih dalam, memberi wawasan tentang kehidupan, tujuan, dan tanggung jawab mereka.

Ketiga, Memberi Empati dalam Interaksi. Menghubungkan melalui jarak jauh telah menjadi lebih mudah, tetapi apakah kita benar-benar menghubungkan hati? Pendidikan agama mengajarkan siswa untuk mengembangkan empati, untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain. Dalam era medsos yang kadang-kadang membawa kecemasan dan perpecahan, kemampuan ini sangat berharga dalam pergaulan di medsos.

Keempat, Membentuk sebagai  Agen Perubahan Positif. Dalam lautan medsos yang kadang kala menghasilkan gelombang negativitas, pendidikan agama memiliki peran strategis dalam membentuk siswa sebagai agen perubahan positif. Melalui ajaran-ajarannya, siswa diajak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai seperti toleransi, saling menghormati, dan berbuat baik kepada sesama, yang bisa memberikan dampak positif tidak hanya bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi komunitas digital yang lebih luas.

Kelima, Memberi Kesadaran Akan Akibat. Tanpa panduan moral yang kuat, risiko terjerumus dalam perangkap konten kontroversial atau bahkan negatif di medsos menjadi lebih besar. Pendidikan agama membekali siswa dengan kesadaran akan akibat dari tindakan dan kata-kata mereka, mengajarkan tanggung jawab atas segala yang mereka sampaikan di dunia maya.

Dalam mewujudkan penerapan nilai-nilai agama di dunia digital, peran orang tua sangatlah penting. Mereka perlu membimbing anak-anak mereka dalam menggunakan medsos secara bijak dan bertanggung jawab. Dengan berdialog terbuka tentang nilai-nilai agama, orang tua dapat membantu membangun kesadaran akan etika dan moral di dunia maya.

Tidak kalah pentingnya, para pendidik juga memiliki tugas besar dalam membentuk karakter siswa. Di era medsos, guru memiliki peran ganda. Mereka tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga memberikan panduan dalam menghadapi informasi di dunia digital. Guru dapat menyisipkan pendidikan agama dalam mata pelajaran yang diampunya sebagai alat untuk mengajarkan pemahaman, kritis, dan pemanfaatan yang baik terhadap teknologi.

Dalam rangka membentuk siswa yang tangguh dan berakhlak, sinergi antara orang tua, guru, dan pendidikan agama adalah kunci. Medsos mungkin adalah lautan yang melimpah informasi, tetapi pendidikan agama adalah kompas yang memberikan arah dalam pelayaran siswa di era digital ini. Dengan dukungan yang kokoh, siswa-siswa ini bisa mengarungi dunia maya dengan cerdas, bijaksana, dan bermartabat.

________

*) Penulis adalah guru di SMP Negeri 4 Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0nHAxwxE4A3dg9vXTEkmCT2BPbgdynMwG7Gj1hogMF91eoa9j6fJanwPRDjqy4DEzl&id=100000549355827&mibextid=Nif5oz

Artikel Terkait

Baru saja mendaftar:

18 Jan 2024 : NUR KARTINI SPD.
SMP N 5 TANJUNG JABUNG TIMUR - JAMBI
Read More
17 Jan 2024 : SUTRIANI UMASUGI, S.S
SMP NEGERI 14 AMBON - MALUKU
Read More
17 Jan 2024 : REZEKINTA SYAHPUTRA SEMBIRING, S.P., C.MT., C.PE
BRC-INBIO - SUMATERA UTARA
Read More
17 Jan 2024 : DESY RINA, S.SI, M.M
SMAN 4 KOTA BEKASI - DKI JAKARTA
Read More
15 Jan 2024 : IMMA RAHMAWATI ULFA, S.PD
SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG - JAWA TIMUR
Read More
16 Jan 2024 : NANIK INDRAWATI, S. SOS.
SDIT 2 DARUSSALAM - KALIMANTAN TIMUR
Read More
16 Jan 2024 : SIFRA TREISA, M.PD.
SLB NEGERI 6 JAKARTA - BANTEN
Read More
15 Jan 2024 : RINI SETYONINGSIH, S.PD.
SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG - JAWA TIMUR
Read More
15 Jan 2024 : WULAN PRANDARI CAPRI, S.PD., M.SI., GR
SMA NEGERI 4 CIBINONG - JAWA BARAT
Read More
13 Jan 2024 : SITI HOLIJAH, S. PD
SMKN 1 KANDIS - SUMATERA SELATAN
Read More
12 Jan 2024 : BUDIANTO, S. PD
SMPN 10 ULUMANDA - SULAWESI BARAT
Read More
10 Jan 2024 : JUWITA RIHASNITA,S.PD.SD
UPT SDN 18 LALANG KEC.MEDANG DERAS KAB.BATU BARA - SUMATERA UTARA
Read More
10 Jan 2024 : ILYAS KALA LEMBANG, S.PD.SD,. M.PD
UPT SDN 12 BITTUANG - SULAWESI SELATAN
Read More